Makassar— Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar secara resmi meluncurkan jurnal ilmiah terbaru yang diberi nama Contemporary English Teaching and Linguistics (CETL). Peluncuran ini menandai komitmen kuat Pascasarjana UIN Alauddin dalam memperkuat kontribusi akademik, khususnya pada bidang pendidikan bahasa Inggris, linguistik, dan linguistik terapan.
Jurnal CETL didirikan sebagai wadah publikasi ilmiah untuk menampung hasil penelitian, kajian teoritis, dan inovasi pedagogis yang relevan dengan perkembangan terbaru dalam dunia pengajaran bahasa Inggris dan studi linguistik. Kehadiran jurnal ini diharapkan dapat memperluas ruang diskusi ilmiah serta meningkatkan kualitas publikasi di lingkungan akademik nasional maupun internasional.
Ketua Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris menyampaikan bahwa peluncuran jurnal ini merupakan langkah strategis untuk memperkuat reputasi akademik program studi sekaligus memberikan sarana publikasi yang kredibel bagi para peneliti. “CETL hadir untuk memberikan ruang baru bagi para akademisi, peneliti, dan mahasiswa pascasarjana dalam mempublikasikan karya ilmiah yang berkualitas dan berdampak,” ujarnya.
Sebagai jurnal peer-reviewed dan open-access, CETL menerima naskah yang mencakup berbagai topik, antara lain:
Pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris
Metodologi ELT dan inovasi kurikulum
Linguistik dan linguistik terapan
Second Language Acquisition (SLA)
Sosiolinguistik, pragmatik, dan analisis wacana
Teknologi dalam pembelajaran bahasa
Evaluasi, asesmen, dan tes bahasa
Kajian literasi akademik dan ESP
Dengan peluncuran edisi perdana, redaksi CETL membuka kesempatan bagi para peneliti untuk mengirimkan artikelnya melalui sistem pengiriman online. Karya yang dikirim harus orisinal, belum pernah dipublikasikan, dan mengikuti pedoman penulisan yang telah disediakan.
Para penulis yang berminat dapat mengirimkan manuskrip melalui:
https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/cetl/about/submissions
Untuk informasi lebih lanjut mengenai fokus dan scope jurnal, mekanisme review, serta pedoman penulisan, dapat diakses melalui laman resmi jurnal.
Peluncuran jurnal Contemporary English Teaching and Linguistics (CETL) ini diharapkan mampu menjadi salah satu sumber rujukan ilmiah yang berpengaruh dan memperkuat peran UIN Alauddin Makassar dalam pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya dalam bidang pendidikan bahasa Inggris dan linguistik.

